About Me

My photo
Everything about Soccer,Music and RED

Thursday, November 4, 2010

Perkembangan Manajemen Sehingga Muncul Manajemen Komunikasi

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Menurut Stoner, Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber dayasumber daya organisasi lainnya agar rnencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya.Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. pabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
Jadi, dalam proses manajemen, diperlukan komunikasi agar proses manajemen tersebut dapat berlangsung dan berjalan dengan baik. Komunikasi juga memerlukan manajemen untuk menata dan meminamilisir kesalahan dalam berkomunikasi.
Manajemen Komunikasi adalah pengaplikasian penggunaan sumber daya manusia dan teknologi secara optimal untuk meningkatkan dialog antar manusia. Dan menurut Michael Kaye Manajemen Komunikasi adalah cara manusia atau individu mengelola proses komunikasinya melalui penyusunan kerangka makna tentang hubungan mereka dengan orang lain dalam berbagai situasi atau konteks
Pendidikan manajemen komunikasi mengarahkan pengajarnya kepada pembentukan sarjana yang paham, mempu dan terampil dalam mengelola proses dan kegiatan komunikasi dalam organisasi bisnis, politik, sosial, agama, dan lembaga lain.
bidang kajian Mankom:

1.      Manajemen Event Organizing
2.      Manjemen Periklanan
3.      Manajemen Media Cetak
4.      Script Writing
5.      Media Planning
6.      Komunikasi Bermedia Komputer
7.      Produksi Film
8.      Produksi Siaran TV
9.      Produksi Siaran Radio
10.  Komunikasi Pemasaran
11.  Negosiasi
12.  Manajemen Kampanya Komunikasi dan Promosi
13.  Perencanaan Komunikasi
14.  Manajemen Media Elektronik 

No comments:

Post a Comment